Program Affiliate

Affiliate itu berasal dari Bahasa Inggris. Artinya cabang, bergabung, atau menggabungkan diri. 
Sedangkan Affiliation (affiliasi) artinya keanggotaan, gabungan, pertalian, atau perhubungan.
Ada Perusahaan Affiliate yg mengharuskan menjual baru kita dapat komisi (PPS), ada yg cuma minta biodata calon prospek (PPL) kita dapat komisi, ada yg mengharuskan kita menyediakan website untuk dipasangi iklan perusahaan shg bisa dapat komisi dari klik orang lain (PPC), ada juga yg tidak mensyaratkan website namun kita  harus meng-klik iklan di website perusahaan ybs shg kita bisa dapat komisi (PTC).
Kesimpulannya, ada 4 sumber penghasilan affiliate yg sudah umum diketahui : PTC, PPC, PPS, dan PPL.

1. Affiliate PTC.
PTC (Paid To Click) adalah perusahaan Per-iklan-an. Mereka menjadi perantara pemasangan iklan dari perusahaan pengiklan. Kita akan dapat komisi bagi hasil jika diterima menjadi affiliate mereka.
Apa kerja kita pada PTC?
Pada PTC, kita akan dibayar jika melakukan sendiri klik iklan pada perusahaan PTC. Ya. kita klik iklan pada  website Perusahaan PTC, maka kita akan dapat komisi. Kita tidak perlu mendaftarkan website sendiri karena mereka tidak mensyaratkannya.
Untuk dapat komisi yg lebih besar, kita harus mengajak orang lain juga nge-klik setiap hari seperti kita. Untuk setiap klik orang lain di bawah 'ajakan' kita, maka kita dibayar 50% komisi. Perusahaan PTC akan tahu orang yg kita ajak karena kita dikasih link khusus yg berbeda satu sama lain.

2. Affiliate PPC.
PPC (Paid To Click) adalah perusahaan Per-iklan-an. Mereka menjadi perantara pemasangan iklan dari perusahaan pengiklan. Kita akan dapat komisi bagi hasil jika diterima menjadi affiliate mereka. Pada PPC, kita cukup membuat sebuah website menyangkut topik apa saja sesuai dengan ide kita. Lebih bagus kalo topik tersebut banyak dicari orang. Itulah pentingnya riset tentang topik bisnis. Kita harus mendaftarkan dulu nama website kita ke perusahaan PPC. Nanti mereka akan mereview website kita, lalu jika disetujui maka kita akan dikasih sepotong ‘script’ untuk di kopi-paste di website kita. Lalu kita sediakan tempat di website agar iklan PPC bisa tampil di website kita. kemudian kita 'undang' pengunjung menjadi pembaca setia di website.
Ketika ada pengunjung yg tertarik untuk meng-klik iklan PPC yg ada di website kita, maka kita dapat komisi per klik yg dilakukan oleh pengunjung. Menurut pengalaman saya, Kalo PPC lokal, harga per klik nya kita dibayar antara Rp. 400,- hingga Rp. 1.000,-.
Sedangkan Kalo PPC luar negeri seperti google adsense, per klik antara $0.1 hingga $5 lebih (antar Rp.1000,- hingga Rp.50.000,- per klik). Wuiiihh…gede ya? Dapat $1 per klik aza udah lumayan besar. Kita tdk boleh nge-klik di website sendiri, nanti bisa di D.O kalo ketahuan. Mereka punya system deteksi (tracking) yg bisa mengetahuinya kecurangan kita.

3. Affiliate PPS.
Sebagai affiliate PPS, biasanya kita dapat komisi bagi hasil antara 50%-75% untuk setiap penjualan yang terjadi lewat link kita. Misal harga produk affiliate Rp. 100.000,-. Jika Anda berhasil menjual 1 kali produk affiliate dengan komisi 50%, maka komisi yg masuk ke rekening anda adalah Rp. 50.000,-. 
Jika sebulan Anda mampu menjual 30 kali produk affiliate yg sama (dengan asumsi 1 penjualan/hari), maka komisi yg masuk ke rekening Anda sebesar Rp. 1500.000,-. Lumayan gede ya?? 
Bayangkan jika anda mampu menjual 3 macam produk affiliate PPS. Dengan asumsi anda bisa menghasilkan Rp. 1500.000,- dari 1 macam produk PPS, maka anda bisa menghasilkan Rp. 4.500.000,- hanya dari 3 macam produk PPS. Bayangkan, itu hanya dari 3 macam produk PPS. Sedangkan kita ketahui produk PPS itu jumlahnya ratusan di Indonesia. Sedangkan di tingkat dunia, produk PPS jumlahnya ribuan. Kebayangkan betapa besarnya penghasilan Anda jika mampu menjual puluhan produk PPS saja? Sudah banyak yg berpenghasilan puluhan juta dan ratusan juta hanya dari menjual produk orang lain (affiliate) yg berkategori PPS ini. Apakah Anda tidak tertarik ingin mencobanya?

4. Affiliate PPL. 
Kita dibayar jika mereferensikan orang lain daftar secara gatis ke website atau perusahaan PPL. Hanya dengan mereferensikan orang lain mendaftar gratis atas link kita, maka kita dibayar. Ada Perusahaan affiliate PPL di luar negeri mensyaratkan data tambahan seperti data telpon kita, kartu kredit, dll. Mungkin karena mereka ingin lihat calon pendaftar yang potensial. Namun kebanyakan PPL hanya mensyaratkan 2 data utama  yaitu : nama dan email saja.


No comments:

Post a Comment